Kamis, 05 November 2015

Yuk intip Lampung?



Aku berasal dari kota Lampung. Lampung? Gimana dan bagaimana sih Lampung itu. Yuk simak, aku bakal cerita tentang Lampung nih…
Lampung  adalah salah satu provinsi di Pulau Sumatra, dan provinsi paling selatan di Pulau ini. Ibukota dari provinsi Lampung adalah Kota Bandar Lampung.Provinsi ini berbatasan dengan Selat Sunda, Selat yang memisahkan Pulau Sumatra dan Pulau Jawa.Di  Selat Sunda ini Lampung mempunyai  pelabuhan yang bernama Pelabuhan Bakauheni.
Budaya di Lampung? Emm, Lampung terdapat beragam budaya yang menarik loh.Yang pertama tarian Lampung, di Lampung adaberbagai jenis tarian yang merupakan asset budayaProvinsi Lampung. Salah satu jenis tarian yang terkenal adalah TariSembah dan TariMelinting (saat in nama Tari Sembah sudah dibakukan menjadi SigehPengunten). Ritual tari sembah biasanya diadakan oleh masyarakat lampung untuk menyambut dan memberikan penghormatan kepada para tamu atau undangan yang datang, mungkin boleh lah dikatakan sebagai sebuah tarian penyambutan. Selain sebagai  ritual penyambutan, tari sembah pun kerap kali dilaksanakan dalam upacara adat pernikahan masyarakan Lampung. Selanjutnya budaya musik di Lampung. Lampung memiliki beraneka ragam jenis musik, mulai dari jenis tradisional hingga modern (musik modern yang mengadopsi kebudayaan musik global).Adapun jenis musik yang masih bertahan hingga sekarang adalah Klasik Lampung. Jenis musi kini biasanya diiringi oleh alat music gambus dan gitar akustik. Mungkin jenis musi kini merupakan perpaduan budaya Islam dan budaya asli itu sendiri. Beberapa kegiatan festival diadakan dengan tujuan untuk mengembangkan budaya music tradisional tanpa harus khawatir akan kehilangan jatidiri. Festival  Krakatau, contohnya adalah sebuah Festival yang diadakan oleh Pemda Lampung yang bertujuan untuk mengenalkan Lampung kepada dunia luar dan sekaligus menjadi ajang promosi pariwisata.
Untuk pakaian khas Lampung di Daerah Lampung dikenal sebagai penghasil kain tapis, kain tenun bersulam benang emas yang indah.Kain ini dibuat oleh wanita.Pada penyelenggaraan upacara adat, seperti perkawinan, tapis yang dipenuhi sulaman benang emas dengan motif yang indah merupakan kelengkapan busana adat daerah Lampung.
Dalam keseharian laki-laki Lampung mengikat kepalanya dengan kikat. Bahannya dari kain batik. Bila dipakai dalam kerapatan adat dipadukan dengan baju teluk  belangadan kain. Lelaki muda Lampung lebih menyukai memakai kepiah/ketupung, yaitu tutup kepala berbentuk segi empat berwarna hitam terbuat dari kain tebal, Apalagi kalau ingin bertemu dengan gadis. Untuk mengiring pengantin dikenakan kekatakkin, yaitu destar dengan bagian tepi dihias bunga-bunga dari benang emas dan bagian tengah berhiaskan siger, serta di salah satu sudutnya terdapat sulaman benang emas berupa bunga tanjung dan bunga cengkeh.
Makanankhas Lampung?Emm di Lampung banyakmakanankhas Lampung yang rasanyabener-benermantapdanmenggugaharoma.wkwk.Untuk yang pertamaadaseruit.Seruit adalahmakanan yang bisadinikmatibersama-sama, saatmasyarakat Lampung berkumpuldalamacarapernikahan, acaraadat, atauacarakeagamaan.Bagi Lampung Pepadun, seruitadalahmakananpokok. Namun, kebiasaanmakanseruittidakdimilikiolehsemuamasyarakatadat.Hanyadilakukansecaraturuntermurunbagibeberapamasyarakat.   
  


Seruit merupakan masakanikan yang digoreng atau dibakar dan dicampur sambal terasi, tempoyak, atau mangga. Jenis ikan adalah ikan sungai besar, seperti belide, baung, layis, dan lain-lain, serta ditambah lalapan.
 Lalu ada tempoyak. Tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi .Tempoyak dikenal di Indonesia (terutama di Sumatera dan Kalimantan), serta Malaysia.
Yang ketiga adalah engkak.Engkak adalah kue yang berbahan dasar dominan ke telur dan mentega. Engkak  dipanggangberlapis-lapis dengan menggunakan loyang.Jika kalian ke Lampung bisa  membawa oleh-oleh untukdibawa pulang berupa keripik pisang dan kemplang khas Lampung, yang rasanya aduhh enaknyaa.
Cirikhas kota Lampung yaitu danya sebuah menarasiger yang terletak di dekat pelabuhan Bakauhen iSelatSunda. Sigeradalah lambangdari Kota Lampung. Selanjutnyaada DanauRanau, Danau terbesa kedua di Pulau Sumatra setelah Danau Toba. Cirikhas ketiga adanya kain tapis khas Lampung.Untuk tempat wisatanya salah satunyaada TelukKiluan.Teluk Kiluan adalahsalah satuobje kwisata yang apabila anda kesini kalian bias menyaksikan lumba-lumba di alam bebas danter kadang lumba-lumbain iju gaberaktrasi di lautanlepas. Pulau Kiluan ini sangatlah indah dan mempesona.
Serubukan??Ayuk mau apalagi.Datang dan jelajahi Kota Lampung yang bener-bener asyik dan mempesona….

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Lampung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar